Metode Hukuman dalam Perspektif Pendidikan Islam

  • ghazali stainu
  • M Djamal STAINU Purworejo
Keywords: Metode Hukuman, Pendidikan Islam, Pendidik.

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengkaji tentang metode hukuman dalam pandangan pendidikan Islam. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu riset kepustakaan dan teknik pengumpulan data menggunakan sumber-sumber tertulis yang dipublikasikan yang terkait dengan fokus penelitian. Data disajikan secara deskriptif dengan cara mendeskripsikan objek secara objektif lepas dari pertimbangan emik. Analisis data dilakukan dengan content analisys berupa kajian mendalam terhadap konsep dan teori tentang hukuman dan pendidikan Islam. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini menyatakan bahwa secara substantif hukuman sebaiknya dihindari dalam mendidik anak. Apabila terpaksa dilakukan maka pendidik harus menggunakan hukuman yang lembut, penuh kasih sayang dan mampu menyadarkan anak atas kesalahan yang dilakukan. Beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam pemberian hukuman antara lain: (1) pengaruh hukuman terhadap perubahan tingkah laku bersifat sementara; (2) hukuman yang berlangsung lama akan memberikan dampak buruk bagi kondisi psikis anak; dan (3) hukuman mendorong anak untuk mencari cara lain agar bebas dari hukuman.
Kata Kunci : Metode Hukuman, Pendidikan Islam, Pendidik.Metode Hukuman, Pendidikan Islam, Pendidik.

Published
2018-08-07
How to Cite
stainu, ghazali, & Djamal, M. (2018). Metode Hukuman dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al Ghazali, 1(1), 17-37. Retrieved from https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/17
Section
Articles