KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG KEUTAMAAN ILMU (KAJIAN QS. AT-TAUBAH AYAT 122)

  • Siti Fatimah Universitas Sains Al-Qur'an Wonosobo

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui isi kandungan surah At-Taubah ayat 122. Kedua, untuk mengetahui konsep Pendidikan Islam tentang Keutamaan Ilmu dalam QS. At-Taubah ayat 122. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian kepustakaan (library seseach) adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan kepustakaan atau literature baik berupa buku laporan atau catatan hasil penelitian yang sudah lama. Sumber data yang digunakan berasal dari sumber data primer tafsir Q.S At-Taubah dan sumber data sekunder yaitu artikel-artikel, majalah, jurnal dan situs-situs internet yang berkaitan dengan pembahasan dalam skripsi. Mengumpulkan data menggunakan metode studi dokumentasi dan penelusuran data online, dengan Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kandungan dalam Q.S At-Taubah ayat 122 yaitu tidak sepatutnya semua mukmin pergi ke medan perang, hendaklah sebagian mukmin lainnya memperdalam ilmu pengetahuan agama agar dapat memberi peringatan kepada kaum musyrikin dan dapat menjaga diri mereka sendiri. Keutamaan ilmu dan orang yang menuntut ilmu adalah ilmu dapat mengangkat derajat orang yang menuntut ilmu maupun yang mengamalkan serta mengajarkan ilmunya tersebut.

Published
2023-09-04
How to Cite
Fatimah, S. (2023). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TENTANG KEUTAMAAN ILMU (KAJIAN QS. AT-TAUBAH AYAT 122). Al Ghazali, 6(1), 37-47. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v6i1.371