IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS X DI SMK N 3 PURWOREJO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kegiatan keagamaan untuk mengembangkan pendidikan karakter dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila siswa kelas X SMK Negeri 3 Purworejo dan faktor penghambat dan factor pendukung dari implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Informan penelitian ini adalah waka kesiswaan, waka kurikulum, guru keagamaan dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut.1) implementasi kegiatan keagamaan siswa kelas X di SMK Negeri 3 Purworejo dilaksanakan melalui: a) intrakurikuler, b) ekstrakurikuler, c) kokurikuler. 2) implementasi kegiatan keagamaan untuk mengembangkan pendidikan karakter dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila siswa kelas X di SMK Negeri 3 Purworejo terdiri kegiatan ketarunaan dan proyek kolaborasi dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKN. 3) faktor pendukung dari implementasi kegiatan keagamaan untuk mengembangkan pendidikan karakter dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila siswa kelas X di SMK Negeri 3 Purworejo adalah semua warga sekolah dan faktor penghambatnya adalah dari internal kurang kekompakan, kurangnya komunikasi, kurang kesiapan, dan kurang solidaritas, faktor penghambat dari eksternal yaitu kurangnya sosialisasi, kurangnya pemahaman orang tua, dan pengaruh media sosial.